Pengertian dan Fungsi Import pada Java, import java.io.*, util.Date dan lainnya


 Pengertian dan Fungsi import Pada java


 Apa Itu Import ?
dan Apa Fungsi Import Pada Java ?

Import Pada Java Merupakan Suatu Perintah Untuk Memasukan suatu Method atau perintah dalam Bahasa Pemrograman Java sehingga perintah tersebut dapat Aktif dan digunakan atau berfungsi.

Sebagai Contoh : BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
Ini Fungsi Untuk Mendapatkan Suatu Inputan dari Keyboard, dan untuk memanggil lanjutan dalam memanggil fungsi tersebut menggunakan readLine(), sehingga inputan dari keyboard dapat dibaca.
untuk mengaktifkan method tersebut menggunakan Import java.io.*;

Berikut Penjelasan dan Macam - macam Import pada Java :
  • Import java.io.*;
Import java.io.*;
Pengertian IO sendiri merupakan singkatan dari Input Output.
Input merupakan perintah untuk memasukan data dari peralatan input sebagai contoh keyboar, sedangkan output merupakan perintah atau berfungsi menampilkan data kepada pengguna.
  • Import java.util.Date.*;
Import java.util.Date.*;  Merupakan perintah yang digunakan untuk menginputkan data yang berupa Date atau suatu Tanggal dan waktu (timer).

Fungsi Import java.util.Date.*; Untuk Memasukan dan Memanggil Inputan yang berupa DATE
  • Import java.awt.*;
Import java.awt.*; AWT tersebut singkatan dari Abstract Windowing Toolkit yang merupakan Suatu Perintah Untuk memanggil library yang ada di awt agar dapat digunakan dalam pembuatan program.

Fungsi Import java.awt digunakan untuk proses inputan dalam sebuah program java yang telah jalankan tersebut.
  • Import javax.swing.event.*;
Import javax.swing.event.*; Merupakan perintah dalam Program Java yang berisi kelas-kelas dan interfaces yang memperbolehkan menampilkan ataupun menerima pesan dalam penanganan event untuk komponen grafis yang berada di paket javax.swing.

Fungsi Import javax.swing.event.*; digunakan untuk proses deklarasi dari class event yang berisi komponen dari sebuah program yang digunakan untuk mengambil semua file dari package event yang mana package event berada pada package java.awt.
  • Import javax.swing.*;
Import javax.swing.*; Merupakan perintah dalam Program Java yang berisi kelas-kelas dan interface (menampilkan ataupun menerima pesan) untuk komponen GUI swing java yang menyediakan dukungan untuk komponen grafis yang portable pada contoh disini biasanya menggunakan sebuah gambar atau membaca dan memanggil grafis pada suatu gambar yang akan di deklarasikan.

Fungsi Import javax.swing.*; Mendeklarasikan Sebuah Komponen yang Berupa Grafis dengan perintah yang dilakukan dalam pembuatan Program.
  • Import java.lang.*;
Import java.lang.*; Merupakan perintah dalam Program Java yang berisi kelas-kelas dan interfaces yang diperlukan untuk berbagai jenis perintah program java yang dibuat.

Fungsi Import java.lang.*; untuk menghubungkan penrintah - perintah dalam program yang yang digunakan untuk kompiler ke semua program java tersebut.
  • Import java.applet.*;
Import java.applet.*; Merupakan perintah dalam Program Java yang berisi kelas-kelas Applet.
Applet merupakan suatu aplikasi java yang bisa disisipkan kedalam halaman HTML.
Perintah Method pada Java applet bisa berjalan pada web browser yang telah mendukung java seperti mozilla, IE, dan chrome dan lainnya. Java Applet juga dapat digunakan sebagai browser yang bergunaka untuk memainkan sebuah klip audio.

Fungsi Import java.applet.*; Biasanya digunakan untuk pembuatan sebuah Website dengan bahasa pemrograman Java dan biasanya digunakan dalam tampilan Mobile.
  • Import java.text.*;
Import java.text.*; Merupakan perintah dalam Program Java berisi kelas-kelas dan interfaces yang memperbolehkan program java untuk memanipulasi angka, tanggal, karakter dan juga string.

Fungsi Import java.text.*; Memanipulasi Perintah perintah dalam pemrograman Java angka, tanggal, karakter dan juga string.
  • Import java.net.*;
Import java.net.*; Merupakan perintah Program Java berisi kelas-kelas  yang memperbolehkan program berkomunikasi melewati jaringan.

Fungsi Import java.net.*; Digunakan dalam Membuat suatu Komunikasi Jaringan dalam sebuah program yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java.

Semoga Bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Pengertian dan Fungsi Import pada Java, import java.io.*, util.Date dan lainnya"

  1. seperti import android.view dan lainnya ada penjelasan gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 bahasa pemrograman Java, cuma platform berbeda, Java asli dan Java android, perintah hampir Sama, cuma pada android mempunyai tampilan layout dalam satu 1 aplikasi, jadi komplit tdk harus menggunakan distribusi database, jadi lebih mudah harusnya

      Delete
  2. saya masih pemula, minta do'a nya semoga bisa :)

    ReplyDelete